Jumat, 08 April 2011

skala waktu geologi (geology time scale)

Menurut kebanyakan orang sih umur 1000 tahun pada batuan atau lapisan tanah atau dalam kejadian pembentukan macam-macam singkapan itu,umur seribu tahun di anggap sudah lama atau tua.

padahal dalam geologi umur segitu tuch muda banget...belum ada apa-apa nya..

nih coba kalo di lihat dari awal nya.
bumi kita tuch terdiri dari berlapis-lapis lapisan tanah yang membentuk kerak dan mantel bumi,tapi perlu di inget untuk membuat lapisan-lapisan kayak gitu tuh butuh waktu sampe ratusan juta tahun sampe bahkan miyaran tahun untuk bisa mendapat kan bentuk kayak kue lapis tersebut,,,hehehehe.

coba tafaddhol di lihat pembagian zaman atau periode menrut waktu geologi nih.


a. Zaman Arkeozoikum (4,5 sampai dengan 2,5 milyar tahun yang lalu)
Artinya masa awal pembentukan batuan kerak bumi yang kemudian berkembang menjadi protokontinen.

b. Masa Proterozoikum (2,5 milyar sampai dengan 290 juta tahun yang lalu)
Masa ini merupakan awal terbentuknya hidrosfer dan atmosfer, pada masa ini sudah ada perkembangan mikroorganisme bersel tunggal menjadi bersel banyak.

c. Zaman Kambrium (590 sampai dengan 500 juta tahun yang lalu)
Pada masa ini banyak hewan invertebrata yang selama hidupnya berada di lautan.

d. Zaman Ordovisium (500 sampai dengan 440 juta tahun yang lalu)
Meluapnya samudra dari zaman es. Gondwana dan benua lainnya menutupi celah samudra yang berada diantaranya.

e. Zaman Silur (440 sampai dengan 410 juta tahun yang lalu)
Selama zaman Silur deretan pegunungan mulai terbentuk melintasi Skandinavia, dan pantai utara Amerika.

f. Zaman Devon (410 sampai dengan 360 juta tahun yang lalu)
Pada zaman ini samudra menyempit sementara, benua Gondwana menutupi Eropa, Amerika Utara, dan Greenland.

g. Zaman Karbon (360 sampai dengan 290 juta tahun yang lalu)
Pada zaman ini benua-benua di permukaan bumi menyatu membentuk satu masa daratan yang disebut Pangea.

h. Zaman Perm (290 sampai dengan 250 juta tahun yang lalu)
Benua Pangea bergabung bersama dan bergerak sebagai massa daratan.

i. Zaman Trias (250 sampai dengan 210 juta tahun yang lalu)
Benua Pangea bergerak ke utara dan gurun terbentuk. Lembaran es di bagian selatan mencair dan celah-celah mulai terbentuk di Pangea.

j. Zaman Jur a (210 sampai dengan 140 juta tahun yang lalu)
Pangea terpecah di mana Amerikan utara memisahkan diri dari Afrika sedangkan Amerika selatan melepaskan diri dari Amerika.

k. Zaman Kapur (140 sampai dengan 65 juta tahun yang lalu)
Pada zaman ini iklim sedang mulai muncul. India terlepas jauh dari Afrika menuju Asia.

l. Zaman Tersier (65 sampai dengan 1,7 tahun yang lalu)
Pada zaman ini kemunculan dan kepunahan hewan dan tumbuhan yang saling berganti seiring dengan perubahan cuaca secara global.

m. Zaman Kuarter (1,7 juta tahun yang lalu)
Zaman ini terdiri atas Pleistosen dan Holosen. Pada Masa Pleistosen sebagian besar daratan ditutupi es dengan ditandai flora dan fauna yang bervariasi seperti Pithecanthropus Erectus. Ketika memasuki masa Holosen terjadi evolusi dengan ditandai mencairnya es secara global dan kemunculan manusia gua

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar